Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

APK Undangan Pernikahan Modus Pecurian Uang

TolikeCode.com – Makin hari makin marak sekali bertebaran APK Undangan Pernikahan melalui pesan singkat Whatsapp. Bukan hanya sebagai undangan pernikahan palsu, APK tersebut juga berpotensi melakukan pencurian data bahkan saldo rekening bagi korbannya. Bagaimana cara kerja APK tersebut dan apa yang harus dilakukan jika terlanjur klik link undangan palsu tersebut? Artikel ini akan menjelaskan cara mengatasi undangan APK palsu tersebut dan cara membersihkannya.

Pesan APK Undangan Pernikahan

Belakangan ini sedang ramai pesan berantai yang isi berupa undangan digital pernikahan dan si pengirim pesan memohon agar penerima pesan agar bisa hadir pada pesta pernikahan yang sudah di tulis pada undangan digital tersebut.

Sekilas jika si penerima tidak teliti, akan secara langsung melakukan klik pada undangan digital yang dikirim dan secara tidak langsung hal tersebut akan mengakibatkan aplikasi whatsapp melakukan pemasangan sebuah aplikasi dan ketika di perhatikan, setelah proses pemasangan selesai kita tidak akan menemukan aplikasi baru yang baru saja terpasang. Hal itu dikarenakan aplikasi undangan palsu berjalan pada latar belakang sebagai service.

Waspada pencurian akun

Seperti yang sempat diberitakan oleh kominfo terkait undangan palsu ini. Ketika aplikasi undangan yang didapat dari pesan whatsapp sudah berhasil terpasang, secara otomatis perangkat gadget android penerima secara tidak langsung bisa mengirimkan data yang dapat mengakibatkan beberapa akun yang terdapat pada gadget di ambil alih.

Bagaimana hal tersebut bisa di lakukan? Jika kita coba bongkar aplikasi undangan tersebut, kita bisa lihat bahwa aplikasi tersebut memiliki akses untuk membaca pesan SMS yang masuk, tujuannya adalah untuk mendapatkan SMS OTP yang biasanya dikirimkan melalui SMS.

Perlu kita ketahui, beberapa akun memerlukan kode OTP untuk dapat melakukan login dan bayangkan jika si pengirim pesan mencoba melakukan login kea kun perbankan korban, maka bisa di pastikan saldo rekening korban kana di kuras oleh pelaku.

Bagaimana itu bisa terjadi? Pelaku mengirim undangan digital palsu melalui pesan whatsapp dan penerima (korban) secara tidak sadar membuka undangan palsu tersebut dan secara otomatis undangan palsi itu akan melakukan pemasangan aplikasi pencurian.

Ketika aplikasi berhasil terpasang, maka aplikasi tersebut akan mengirim data-data korban ke server milik pelaku seperti data no wad an sebagainya. Saat si pelaku sudah mendapatkan data-data tersebut, pelaku akan mencoba login ke akun korban, salah satunya adalah akun whatsapp. Dan ketika pelaku mencoba login kea kun whatsapp, maka server whatsapp akan mengirim kode OTP ke gadget korban melalui pesan SMS dan secara tidak langsung aplikasi undangan akan membaca SMS masuk yang berisi kode OTP tersebut dan akan mengirimkannya ke pelaku dan dengan begitu maka akun whatsapp korban sudah berhasil di ambil alih oleh pelaku untuk mengirimkan pesan undangan digital palsu ke no kontak milik korban.

Sekarang, bayangkan jika pelaku berhasil masuk kea kun perbankan milik korban melalui cara tersebut, bisa di pastikan pelaku bisa menguras habis saldo yang ada pada rekening korban.

Ciri-ciri undangan palsu

Ciri-ciri undangan palsu bisa di perhatikan pada jenis file yang dikirim. Bisa di lihat pada gambar, file undangan palsu tersebut bertype APK yang artinya itu adalah aplikasi berbasis android. Jika menerima pesan seperti ini, lebih baik abaikan atau langsung hapus pesan tersebut tanpa perlu membuka undangan yang di kirim.

Menghapus APK Undangan pernikahan

Dikarenakan aplikasi undangan ini tidak terlihat, jadi sedikit butuh kejelian untuk menghapus aplikasi tersebut dari perangkat android. Namun ada cara yang lebih cepat yaitu melakukan reset ulang android ke setelan pabrik. Tetapi cara ini akan mengakibatkan kita harus melakukan install ulang aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang pada perangkat andoid kita.

Selain melakukan reset ulang, kita bisa menghapus aplikasi tersebut dari perangkat android dengan cara :

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Pilih aplikasi
  3. Cari aplikasi dengan nama undangan pernikahan kemudian pilih hapus / uninstall

Catatan : lokasi menu aplikasi pada poin 2 biasanya berbeda di tiap-tiap perangkat android.

Berganti nama aplikasi

Mungkin pelaku sudah menyadari modusnya sudah terbaca, hingga akhirnya merubah undangan pernikahan itu menjadi surat tilang elektronik. Hal ini terbukti dengan adanya pesan yang mengatas namakan pihak kepolisian dan mengirim surat tilang elektronik melalui whatsapp.

Kesimpulan

Perkembangan modus kejahatan rupaya sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini. Sebagai pengguna teknologi, kita juga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap beracam-macam tindak kejahatan. Yang lebih penting, jangan mudah panik ketika kita menerima informasi ataupun pesan singkat.

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *