Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Install Composer Pada System Operasi Windows

Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal dan belajar bagaimana cara install composer pada system operasi windows. Bukan hanya mengenal, Kita juga akan belajar apa saja kegunaan composer dan bagaimana cara menggunakan composer itu sendiri pada operating system besutan Microsoft.

Pengenalan composer

Composer adalah dependency manager yang dirancang khusus untuk PHP. Fungsinya ibarat jembatan yang menghubungkan project PHP Anda dengan library atau package dari luar, sehingga Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur dan fungsionalitas yang tersedia tanpa perlu membangunnya dari awal.

Dalam dunia pemrograman, ketergantungan (dependency) mengacu pada kebutuhan project Anda untuk menggunakan library atau package eksternal. Library ini menyediakan berbagai fungsi dan kode yang siap pakai, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk membangunnya sendiri.

Composer membantu Anda mengelola ketergantungan ini dengan cara yang efisien dan aman.

Cara Kerja Composer:

Composer bekerja dengan menggunakan file composer.json. File ini berisi informasi tentang project Anda, termasuk nama, versi, dan library yang Anda gunakan.

Composer kemudian menggunakan informasi ini untuk menginstal library yang Anda butuhkan dari Packagist, sebuah repositori online yang berisi ribuan library PHP.

Manfaat Packagist:

  • Sumber daya yang kaya: Packagist menyediakan berbagai macam library PHP untuk berbagai kebutuhan.
  • Mudah dicari: Anda dapat dengan mudah menemukan library yang Anda butuhkan dengan menggunakan fitur pencarian di Packagist.
  • Terpercaya: Packagist memastikan bahwa library yang tersedia aman dan terpercaya.

Manfaat Utama Composer:

  • Menyederhanakan instalasi library: Composer memungkinkan Anda menginstal library dengan mudah hanya dengan beberapa perintah.
  • Memastikan kompatibilitas: Composer memastikan bahwa library yang Anda gunakan kompatibel dengan project Anda.
  • Menjaga keamanan: Composer membantu Anda menghindari library yang tidak aman atau mengandung malware.
  • Meningkatkan skalabilitas: Composer memudahkan Anda untuk menambahkan dan menghapus library sesuai kebutuhan.
  • Mempermudah kolaborasi: Composer membantu Anda berbagi project dengan orang lain dengan mudah.

Apa kegunaan composer?

Setelah kita mengenal apa itu composer, kita perlu juga perlu tau apa sebenarnya kegunaan composer sebelum kita lanjut belajar bagaimana cara install composer pada system operasi windows.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kegunaan composer itu adalah menghubungkan aplikasi PHP kita dengan library yang kita butuhkan. Dengan menggunakan composer, codingan atau source code php kita menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Baca Juga: Cara Install Codeigniter 4 Menggunakan Composer

Cara install composer

Setelah kita mengenal dan tau fungsi dari composer itu sendiri, kina saatnya kita belajar bagaimana cara install composer pada syste operasi windows. Sebelum kita melakukan proses installasi, untuk kalian yang baru ingin mencoba composer silahkan download file installer composer di getcomposer.org

Perlu diperhatikan, sebelum kalian melakukan installasi composer, pastikan computer kalian sudah terpasang software web server seperti XAMPP karena kita nanti akan membutuhkan PHP.

Setelah kalian memiliki file installer composer, silahkan klik 2x untuk menjalankan proses installer composer dan nanti munculnya akan seperti pada gambar ini.

Cara install composer di windows

Selanjutnya klik tombol next, maka akan lanjut ke tampilan seperti gambar berikut

Pada bagian ini, kita akan menentukan path lokasi file php.exe. jika kalian menggunakan XAMPP, maka lokasi file php.exe berada pada directory [DRIVE]:\xampp\php\php.exe. Namun jika kalian menggunakan webserver selain XAMPP, silahkan sesuai sendiri. Jika sudah silahkan klik tombol next, maka akan muncul tampilan berikut ini.

Setelah proses diatas sudah selesai, maka akan muncul tampilan berikut

Skip aja dan klik next untuk proses selanjutnya.

Klik tombol install untuk memulai proses installasi composer dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses installasi selesai, makan akan muncul tampilan berikut dan langsung saja klik next.

Jika tampilan berikut yang muncul, selamat proses installasi composer sudah berhasil.

Setelah proses installasi selesai, waktunya kita coba apakah composer sudah benar-benar terpasang pada computer kita dengan menggunakan CMD yang ada pada windows. Langkah-langkahnya adalah :

Silahkan buka command prompt (CMD) melalui menu run (ctrl+R) yang ada pada windows kemudian ketik comman composer lalu tekan enter. Dan jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut

Jika sudah muncul seperti gambar diatas, makan itu artinya composer sudah berhasil di install dan sudah dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jika masih ada yang belum berhasil melakukan installasi composer pada windows, silahkan posting di komlom komentar yang tersedia. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Dapatkan informasi lainnya di Google News Tolikecode.Com

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *