Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Visual Basic: Form, Object dan Module pada VB .net

Tolikecode.com – Sebuah aplikasi tentunya harus memiliki interface yang bergunakan sebagai tampilan atau wujud dari aplikasi tersebut. Dan pada aplikasi buatan dari visual basic, unsur pembentukan interface terdiri dari form sebagai frame untuk object, object yang memiliki fungsi-fungsi tertentu dan juga yang tidak kalah pentingnya ada module dimana kita bisa menyimpan fungsi-fungsi yang di butuhkan oleh object.

Tentunya kita sudah tau kan bahwa aplikasi yang dibuat menggunakan visual basic terdiri dari blok-blok program yang dinamakan Procedure dan function.  Blok-blok program ini tentunya hanya sebuah code yang tidak akan berguna jika tidak didukung dengan interface.

Form Visual Basic

Form adalah sebuah lembar dimana nantinya object-object kontrol diletakkan atau bisa dikatakan form adalah dasar untuk membuat windows. Object kontrol yang dimaksud disini seperti button, input tex, checklis, dan sebagainya.

Form pada visual basic umumnya memiliki tombol maximize, minimize dan close yang terletak pada pojok kanan atas form.  Perhatikan gambar.

Form Vb .Net - visual basic

Selain itu, form juga miliki beberapa nilai properti seperti ukuran form, lokasi form saat di panggil, form title yang berfungsi untuk menampilkan nama dari form tersebut dan lain-lain. Dan untuk melakukan konfirgurasi properti pada form ini bisa di lakukan secara koding ataupun melalui panel object properties yang ada di sebelah kanan. Perhatikan gambar.

visual basic

Form sendiri di bagi menjadi 2, form standart (windows form) dan juga form MDI.

  • Windows Form – Windows form merupakan form umum yang berdiri sendiri tanpa memerlukan form induk.
  • Form MDI – Form MDI bisa dikatakan adalah sebuag form induk dimana nantinya form-form lain akan berjalan didalam form MDI.

Berdasarkan kategori design, form juga terbagi menjadi 2, yaitu form dinamis dan form statik.

Form dinamis

Form dinamis adalah form yang bisa kita ubah sesuai kebutuhan kita baik dari segi bentuk, ukuran dan juga object kontrol yang akan kita letakkan pada form tersebut. Contoh dari form dinamis seperti windows form dan juga form MDI

Form statik

Kebalikan dari form dinamis, form statik merupakan yang yang tidak dapat kita ubah baik bentuk maupun ukurannya dan hanya dapat di panggil melalui kode perintah. Contoh dari form statik ini adalah Message Box.

Lalu, bagaimana cara untuk menambah form pada project yang sedang kita kerjakan? Untuk menambahkan form baru, bisa melalui menu Project – Add Windows Form. Ketika muncul jendela pilihan form, silahkan pilih jenis form yang kita inginkan. Perhatikan gambar

Add form VB .Net

Object Control

Object control adalah komponent yang diletakkan pada sebuah form. Masing-masing object control adalah bagian-bagian yang berdiri sendiri namun masih berhubungan antara satu dengan yang lainnya dalam sebuah pembuatan program aplikasi. Sama seperti form, object control juga memiliki nilai properti yang dapat di atur terlebih dahulu sesuai kebutuhan kita.

Object control sendiri ada yang default bawaan dari visual basic, ada pula object control yang di kembangkan oleh pihak ketiga. Beberapa contol object control bawaan visual basic antara lain adalah button, input text, label dan sebagainya.

Untuk menambahkan object control, bisa melalui tab toolbox yang ada di sebelah kiri halaman project kita. Cukup dengan melakukan double click pada object control yang kita inginkan, maka secara otomatis object control tersebut akan muncul pada form yang sudah kita buat. Perhatikan gambar

Module

Module adalah tempat dimana kita bisa membuat procedure, function, konstanta ataupun variabel yang bisa digunakan pada seluruh project program yang sedang kita buat. Meskipun sedikit sama dengan form, tetapi module tidak memiliki interface ketika program di compile dan hanya berisi baris-baris kode saja.

Kemudian Untuk menambahkan module pada visual basic, bisa melalui menu Project – Add module. Kemudian silahkan tentukan dari module yang akan kita buat tersebut. Perhatikan gambar

Add module VB .Net

Demikiannya sedikit penjelasan tentang Form, object dan Module pada visual basic. Semoga sedikit penjelasan ini bisa membantu kita untuk selangkah lebih maju agar bisa membuat program berbasis desktop menggunakan visual basic.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *