Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Membangun web server Nginx [Part I]

web server nginx
web server nginx

Dalam membangun sebuah situs web ataupun aplikasi berbasis web, tentunya kita membutuhkan web server yang sebagai tempat kita meletakkan file-file web ataupun aplikasi yang nantinya akan di proses ketika menerima permintaan atau request dari sisi pengunjung ataupun client. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara membangun web server NGINX pada ubuntu server.

Pengertian websever

Web server adalah perangkat lunak atau komputer yang bekerja tanpa lelah untuk melayani permintaan dan mengantarkan konten web kepada pengguna di seluruh dunia.

Lebih dari Sekedar Program

Web server bukan sekadar program biasa. Ia adalah fondasi yang memungkinkan situs web untuk hidup dan diakses oleh publik. Ketika Anda mengetikkan alamat web di browser, web serverlah yang bekerja di balik layar untuk mengambil data yang Anda butuhkan dan menampilkannya di layar Anda.

Tugas Penting Web Server

Bayangkan web server sebagai pelayan yang cekatan di restoran internet. Berikut adalah beberapa tugas penting yang dipenuhinya:

  • Menerima Permintaan: Web server menerima permintaan dari klien, yang bisa berupa browser web, aplikasi mobile, atau perangkat lainnya. Permintaan ini berisi informasi tentang halaman web atau file yang ingin diakses.
  • Menemukan Konten: Web server mencari file yang diminta di dalam penyimpanan servernya. File ini bisa berupa halaman web HTML, gambar, video, JavaScript, CSS, dan lainnya.
  • Mengirimkan Konten: Setelah menemukan file yang diminta, web server akan mengirimkannya kembali ke klien. Klien kemudian akan menampilkan konten ini di layar Anda.
  • Menangani Tugas Lainnya: Web server juga dapat menangani tugas lain seperti memproses formulir online, mengelola database, dan menjaga keamanan situs web.

Menjelajahi Beragam Pilihan Web Server

Dunia web server diwarnai dengan berbagai pilihan yang menarik. Berikut adalah beberapa contoh web server populer beserta keunggulannya:

  • Apache: Pilihan populer dengan komunitas besar dan banyak fitur canggih.
  • Nginx: Dikenal dengan performanya yang cepat dan stabil, ideal untuk situs web dengan traffic tinggi.
  • Microsoft IIS: Solusi terintegrasi untuk pengguna Windows dengan banyak fitur keamanan.
  • LiteSpeed: Web server yang ringan dan efisien, ideal untuk server dengan sumber daya terbatas.

Pengenalan web server Nginx

NGINX  (dibaca Engine X) merupakan web server yang terkenal dan sangat cepat, serta menjadi salah satu solusi open-source yang paling populer untuk menjalankan situs web, layanan aplikasi, dan load balancer di internet. NGINX dikembangkan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002, dimana rancangan awalnya untuk menangani lalu lintas (traffic) yang sangat tinggi pada sebuah situs web Rusia yang dia kelola.

Kini, NGINX digunakan oleh sebagian besar situs web, termasuk situs web  terbesar di dunia seperti Netflix, Dropbox, WordPress.com, Pinterest, Airbnb, dan GitHub. Salah satu kelebihan utama dari NGINX ialah kemampuannya untuk menangani lalu lintas yang tinggi secara efisien hanya dengan menggunakan sedikit sumber daya sistem.

Selain sebagai web server, NGINX juga dapat digunakan sebagai load balancer untuk mendistribusikan lalu lintas ke beberapa server aplikasi, atau sebagai reverse proxy untuk mempercepat waktu akses ke situs web dengan menyimpan file cache di memori. NGINX juga dapat diatur sebagai server proxy yang berfungsi untuk meneruskan permintaan ke server aplikasi di belakang firewall atau di dalam jaringan privat.

Cara install Web Server NGINX di Ubuntu server

Sebelum memulai proses pemasanagan NGINX, silahkan login terlebih dahulu ke Ubuntu server dengan memasukkan username dan password. Jika sudah, silahkan pastikan bahwa paket pada system sudah diperbarui dengan menuliskan perintah berikut :

Setelah proses pembaruan selesai, mulai proses install NGINX  dengan jalankan perintah berikut :

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Setelah selesai, jalankan perintah berikut untuk memastikan NGINX sudah terinstal dan berjalan:

Jika semua berjalan dengan baik, maka status NGINX akan muncul sebagai “active (running)”. Langkah selanjutnya, coba akses NGINX melalui web browser dengan cara mengetikan IP server Ubuntu dan jika web browser sudah menampilkan gambar seperti dibawah ini, maka NGINX telah berhasil di install.

web server nginx

Lalu, bagaimana agar web server NGINX yang sudah kita bangun bisa menjalankan script PHP? Ya tentunya dengan cara install PHP di NGINX.

Kesimpulan

Web server adalah elemen fundamental dalam infrastruktur internet. Memahami cara kerjanya membantu kita untuk lebih menghargai kompleksitas dan keajaiban dunia digital. Memilih web server yang tepat dapat menjadi langkah penting dalam meningkatkan performa dan keamanan situs web Anda.

Baca informasi lainnya di Google News Tolikecode.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *