Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Membuat Format Currency (Uang) Pada Textboxt VB .Net

Dalam pengembangan perangkat lunak, pengaturan format currency (mata uang) seringkali menjadi aspek krusial dalam pengalaman pengguna. Dalam konteks pengembangan aplikasi menggunakan Visual Basic .NET, pengaturan format mata uang pada TextBox dapat memastikan bahwa input dan output yang terkait dengan nilai uang ditampilkan dengan jelas dan akurat. Penggunaan format mata uang pada Visual Basic .NET dapat dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai metode dan teknik yang disediakan oleh platform ini.

Pengenalan Format Currency

Format mata uang merupakan aspek penting dalam sistem keuangan dan akuntansi. Representasi numerik nilai uang ini tidak hanya menyajikan informasi secara ringkas, tetapi juga memudahkan pembacaan dan interpretasi dalam konteks standar mata uang yang berlaku.

Lebih dari Sekadar Angka

Format currency bukan sekadar penempatan simbol mata uang dan tanda baca. Format ini memiliki peran penting dalam:

  • Memperjelas nilai: Format currency membantu pembaca memahami nilai numerik dengan cepat dan tepat. Sebagai contoh, format “Rp1.000.000” lebih mudah dipahami daripada “1000000”.
  • Meningkatkan konsistensi: Penggunaan format yang baku memastikan nilai uang ditampilkan secara konsisten dalam berbagai dokumen dan platform, meningkatkan keandalan dan profesionalitas data keuangan.
  • Memudahkan perbandingan: Format mata uang memungkinkan perbandingan nilai uang antar periode waktu, mata uang, dan entitas ekonomi dengan mudah dan akurat.
  • Mematuhi standar: Format mata uang mengikuti aturan dan konvensi yang berlaku di wilayah atau negara tertentu, memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan norma keuangan.

Memahami Elemen Format Mata Uang

Format currency terdiri dari beberapa elemen penting:

1. Simbol Mata Uang:

Simbol mata uang menunjukkan jenis mata uang yang digunakan, seperti “Rp” untuk Rupiah, “$” untuk Dolar Amerika, dan “€” untuk Euro. Penempatan simbol dapat bervariasi, seperti di awal (Rp1.000) atau di akhir (1.000 Rp).

2. Pemisah Ribuan:

Pemisah ribuan, seperti titik (.) atau koma (,), membantu pembaca mengelompokkan angka dan memperjelas nilai. Contohnya, “Rp1.000.000” lebih mudah dibaca daripada “Rp1000000”.

3. Digit Desimal:

Digit desimal menunjukkan nilai pecahan mata uang. Mata uang seperti Rupiah biasanya memiliki dua digit desimal, sedangkan mata uang lain seperti Euro memiliki dua digit desimal.

4. Tanda Negatif:

Tanda negatif “-” menunjukkan nilai negatif, seperti “-Rp1.000.000” untuk menunjukkan kerugian atau pengurangan.

Contoh Penerapan Format Mata Uang:

Format mata uang diterapkan di berbagai konteks, seperti:

  • Dokumen keuangan: Laporan keuangan, faktur, dan bukti pembayaran menggunakan format mata uang untuk mencantumkan nilai transaksi.
  • Aplikasi keuangan: Software akuntansi dan platform pembayaran online menggunakan format mata uang untuk menampilkan saldo, transaksi, dan informasi keuangan lainnya.
  • Perdagangan dan e-commerce: Harga produk dan layanan di toko online dan platform e-commerce ditampilkan dengan format mata uang yang sesuai.
  • Media dan publikasi: Berita keuangan, statistik ekonomi, dan publikasi resmi menggunakan format mata uang untuk menyajikan data moneter secara akurat.

Format Currency Pada Textboxt

Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana penerapan format currency pada textboxt. Langkah awal silahkan buat project terlebih dahulu dan tambahkan 1 buah textbox dan juga label (optional).

format currency

Langsung selanjutnya masuk pada view code atau langsung double click pada textboxt dan pada event procedure textchange, tambahkan kode berikut :

Sedikit penjelasan tentang kode di atas, dimana kita mendefinisikan variable f sebagai double pada script Dim f As Double.

Kemudian dilakukan pengecekan apakah text yang di inputkan jenis numeric atau bukan dan apakah textbox tidak kosong. Jika memang inputan berupa numeric dan tidak kosong (space), maka inputan akan di tampung pada variable f (f = TextBox1.Text).

Selanjutnya nilai yang sudah di tampung pada variabel f akan dikembalikan lagi pada textbox dengan menggunakan format mata uang menggunakan script TextBox1.Text = Format(f, "###,###,##0").

yang terakhir TextBox1.SelectionStart = Len(TextBox1.Text) berfungsi agar kursor selalu dimulai dari posisi paling kanan ketika melakukan penginputan.

Tips Tambahan

Script diatas sudah berjalan jika dilakukan pengetesan, namun akan terjadi error ketika inputan berupa non numerik (huruf ataupun simbol). Solusinya adalah batasi karakter yang di input adalah hanya berupa angka saja dengan menggunakan event keypress.

Dengan cara tersebut, maka jika pengguna melakukan input selain angka, backspace ataupun titik (.) tidak akan dijalankan oleh apilkasi. Semoga artikel ini bermanfaan dan happy coding.

Kesimpulan:

Format currency bukan hanya estetika, tetapi juga elemen penting dalam sistem keuangan dan akuntansi. Pemahaman yang baik tentang format mata uang membantu pengguna membaca, memahami, dan mengelola data keuangan dengan lebih efektif dan akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *