Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Membuat Multi Form dengan Visual Basic .NET

TolikeCode.Com – Pengembangan perangkat lunak dengan Visual Basic .NET telah menjadi lebih menarik dan efisien berkat berbagai alat dan fitur yang disediakan oleh bahasa pemrograman ini. Salah satu fitur yang berguna adalah kemampuan untuk membuat multi form dalam aplikasi Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan konsep dasar dan langkah-langkah untuk membuat multi form dalam Visual Basic .NET.

Apa itu Multi Form?

Sebelumnya kita sudah belajar cara membuat aplikasi sederhana dengan vb .Net dan kali ini kita akan mengenal tentang apa tiu multi form. Multi form adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat lebih dari satu jendela dalam aplikasi Anda. Dengan kata lain, Anda dapat mengembangkan aplikasi yang terdiri dari beberapa jendela yang saling terkait dan dapat diakses oleh pengguna.

Langkah-langkah:

  1. Buat Proyek Baru: Langkah pertama adalah membuat proyek baru di Visual Studio. Pilih “File” -> “New” -> “Project” dan pilih jenis aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Buat Form Pertama: Setiap aplikasi Visual Basic .NET dimulai dengan form pertama. Form ini adalah tampilan utama aplikasi Anda. Anda dapat menambahkan komponen, tombol, dan kontrol lainnya ke dalam form ini sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.multi form
  3. Tambahkan Form Tambahan: Untuk membuat form tambahan, pilih “Project” -> “Add Windows Form” dari menu utama. Ini akan membuat form kedua dalam proyek Anda. Anda dapat mengganti nama form ini sesuai dengan fungsinya dalam aplikasi Anda.
  4. Navigasi Antara Form: Untuk menavigasi antara form, Anda dapat menggunakan perintah berpindah seperti Me.Hide() untuk menyembunyikan form saat ini dan Form2.Show() untuk menampilkan form lainnya. Ini akan membuat transisi mulus antara form dalam aplikasi Anda.
  5. Pengiriman Data Antara Form: Kadang-kadang, Anda perlu mengirim data dari satu form ke form lainnya. Anda dapat melakukannya dengan membuat variabel publik di form yang menerima data dan mengaksesnya dari form pengirim.
  6. Menangani Kejadian: Setiap form dalam aplikasi Anda dapat memiliki kejadian yang berbeda. Anda dapat menangani kejadian-kejadian ini untuk mengontrol logika aplikasi Anda dan memastikan interaksi yang benar antara form.
  7. Menutup Form: Jangan lupa untuk menangani penutupan form. Anda dapat menggunakan perintah seperti Me.Close() untuk menutup form saat ini.
  8. Mengatur Form Default: Anda juga dapat mengatur form default yang akan ditampilkan saat aplikasi pertama kali dijalankan. Ini dapat dilakukan melalui pengaturan proyek Anda.

Kesimpulan:

Membuat multi form dalam Visual Basic .NET adalah cara yang efisien untuk mengembangkan aplikasi yang kompleks dan lebih berfungsi. Anda dapat membuat jendela-jendela tambahan untuk mengelola berbagai aspek aplikasi Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat aplikasi yang lebih dinamis dan interaktif dengan mudah. Selamat mencoba mengembangkan aplikasi Anda dengan multi form!

Baca informasi lainnya di Google News Tolikecode.Com

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *