Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Mengatasi “Di-Crawl – Saat ini tidak diindeks” Pada Google Search Console

TolikeCode.Com – Buat kamu yang memiliki sebuah website ataupun blog, tentunya sangat berharap seluruh url pada situs maupun blog mu bisa terindex oleh google bukan? Tapi sayangnya hal tersebut tidak bisa semudah membalikkan telapak tangan. Dan bagi kamu yang sudah mengenal Google Search Console, pasti pernah menemui permasalah “Di-Crawl – Saat ini tidak diindeks”. Nah, pada artikel kali ini kita akan mencoba membahasnya bersama mulai dari penyebab sampai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console (GSC) adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, memelihara, dan memecahkan masalah terkait kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. Dengan GSC, Anda dapat:

  • Melihat performa situs Anda di Google Search: GSC menampilkan data penting seperti jumlah tayangan, klik, dan rasio klik-tayang (CTR) untuk kata kunci dan halaman web Anda.
  • Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah: GSC membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah yang dapat memengaruhi peringkat situs Anda di Google, seperti kesalahan perayapan, konten duplikat, dan masalah keamanan.
  • Mengirimkan peta situs: Anda dapat mengirimkan peta situs (sitemap) ke Google untuk membantu Google menemukan dan mengindeks halaman web Anda dengan lebih mudah.
  • Meminta pengindeksan ulang: Jika Anda membuat perubahan pada situs Anda, Anda dapat meminta Google untuk mengindeks ulang halaman web Anda agar perubahan tersebut muncul di hasil Google Search.

Baca Juga: Spesifikasi Laptop Untuk Design Grafis

Penyebab Kesalahan “Di-crawl – Saat ini tidak diindeks”

Ada beberapa alasan mengapa sebuah halaman web yang di-crawl Google, namun saat ini tidak diindeks di Google Search Console:

Permasalahan Teknis:

  1. Robots.txt: Pastikan file robots.txt website Anda tidak memblokir Googlebot untuk meng-crawl halaman web. Periksa file robots.txt Anda dan pastikan Googlebot tidak diblokir.
  2. Sitemap: Pastikan Anda memiliki sitemap yang valid dan terkirim ke Google Search Console. Sitemap membantu Google menemukan dan memahami struktur website Anda.
  3. Kecepatan Website: Kecepatan website yang lambat dapat menyebabkan Googlebot tidak dapat menyelesaikan crawling halaman web. Pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang optimal. Gunakan tool speedtest untuk menguji kecepatan website Anda dan mendapatkan saran untuk meningkatkannya.
  4. Kesalahan Server: Kesalahan server seperti 500 Internal Server Error atau 404 Not Found dapat menyebabkan Googlebot tidak dapat meng-crawl halaman web. Pastikan website Anda bebas dari kesalahan server.

Kualitas Konten:

  1. Konten Duplikat: Konten yang sama persis dengan website lain dapat menyebabkan Google tidak mengindeks halaman web Anda. Pastikan konten website Anda original dan unik. Gunakan alat seperti tools duplicate checker yang banyak kita temukan di google untuk membantu Anda menemukan konten duplikat di website Anda.
  2. Konten Berkualitas Rendah: Konten yang tipis, tidak informatif, atau tidak relevan dengan keyword yang ditargetkan dapat menyebabkan Google tidak mengindeks halaman web Anda. Pastikan konten website Anda berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi pengguna. Buat konten yang original, informatif, dan relevan dengan target audiens Anda.

Faktor Lainnya:

  1. Penalti Google: Jika website Anda terkena penalti Google, maka halaman web Anda mungkin tidak diindeks. Pastikan Anda mengikuti pedoman webmaster Google untuk menghindari penalti. Pelajari pedoman webmaster Google dan lakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki pelanggaran yang menyebabkan penalti.
  2. Website Baru: Website baru membutuhkan waktu untuk diindeks oleh Google. Bersabarlah dan teruslah submit URL website Anda ke Google Search Console. Submit URL website Anda ke Google Search Console melalui

Mengatasi “Di-crawl – Saat ini tidak diindeks”

Beberapa waktu lalu saya sendiri juga sempet dibuat pusing tentang status “saat ini tidak diindeks” pada GSC. Awal mulanya saya bernaggapan bahwa kesalahan tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia dari situs atau blog itu sendiri.

Tapi sayangnya anggapan saya tersebut salah besar, bukannya semakin membaik tapi semakin hari malah semakin banyak saja URL dari blog saya yang mendapatkan masalah “Saat ini tidak diindeks”, baik yang di crawl ataupun yang ditemukan.

Akhirnya saya mencoba mecari-cari referensi dari beberapa tempat dan juga kenalan hingga akhirnya ditemukanlah beberapa faktor penyebab munculnya “Saat ini tidak diindeks” pada GSC seperti yang saya tulis di atas. Dan akhirnya saya mencoba melakukan beberapa perbaikan berdasarkan informasi yang sudah saya dapatkan hingga saya mendapatkan hasil seperti yang yang ada pada gambar dibawah ini.

grafik saat ini tidak diindeks

Lalu, apa saja yang saya lakukan sebagai langkah perbaikan pada property GSC saya?

Lakukan Site Audit

Sebagai langkah awal, tentunya kita harus melakukan audit pada situs atau blog kita untuk mengetahui apa saja kesalahan yang terdapat pada situs atau blog kita. Dengan melakukan audit, kita bisa mengetahui bagian-bagian mana saja yang situs atau blog kita yang bermasalah untuk selanjutnya dilakukan perbaikan.

Ada beberapa penyedia tools untuk melakukan site audit guna menemukan kesalahan yang terdapat pada situs atau blog, seperti ahref, semrush atau ubersugest. Tools-tool tersebut tersedia yang berbayar maupun yang gratis. Tiap-tiap tools tersebut mempunyai penilai berbeda-beda terkait kesehatan situs ataupun blog, tetapi secara garis besar hasilnya sama saja.

Pada kasus saya beberapa waktu yang lalu, saya menggunakan tools site audit gratisan yang disediakan oleh semrush. Dengan melakukan site audit ini, saya bisa tahu bagian mana-mana saya yang sedang bermasalah pada blog yang saya kelola, mulai dari masalah teknis hingga kualitas konten yang harus saya perbaiki seperti yang terlampir pada gambar di bawah ini.

error semrush saat ini tidak diindeks

Dari hasil site audit tersebut saya mengetahui bahwa ada 50 broken link, 2 halaman tidak ditemukan, 2 struktur data yang bermasalah dan juga tidak adanya redirect dari http ke https. Nah, dari hasil site audit tersebut, score kesehatan blog saya hanya mendapatkan nilai 80% dimana score tersebut masih berada di bawah rata-rata score kesehatan yang disarankan (90%).

Lakukan Perbaikan Pada Struktur Situs

Setelah mendapatkan informasi terkait tentang permasalah yang ditemukan pada situs atau blog, segera lakukan perbaikan. Lakukan perbaikan sesuai informasi yang didapat dari tools site audit seperti melakukan perbaikan pada broken link, halaman yang tidak ditemukan, redirect dari http ke https dan lainn sebagai.

Dibawah ini adalah kesehatan blog saya hasil dari perbaikan yang saya lakukan sesuai informasi yang saya dapatkan dari site audit.

score semrush saat ini tidak diindeks

Pada gambar di atas terlihat score awal kesehatan blog saya hanya mendapatkan nilai 80% yang tentunya masih dibawah score standart dari semrush, dan score hasil dari perbaikan yang sudah saya lakukan.

Lakukan Validasi Pada Google Search Console

Jika perbaikan sudah selesai dilakukan, kamu bisa masuk lagi ke akun GSC mu dan masuklah ke halaman Pengindeksan halaman -> Di-crawl – saat ini tidak diindeks kemudian klik tombol Validasi Perbaikan.

tombol validasi saat ini tidak diindeks

Nah, langkah selanjutnya adalah tinggal menunggu saya hasil dari validasi perbaikan yang dilakukan oleh Google. Untuk durasi proses validasi perbaikan ini tergantung seberapa banyak url yang terkena kesalahan “Saat ini tidak diindeks”.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang mengakibatkan Google Search Console menampilkan pesan kesalahan “Saat ini tidak diindeks”. Mulai dari faktor tekhnikal sampai faktor usia dari situs atau blog itu sendiri. Artikel ini bisa juga di lakukan untuk kesalahan “Ditemukan – saat ini tidak diindeks” yang juga seringkali muncul di GSC.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu juga bisa menyelesaikan permasalahan “Saat ini tidak diindeks” yang muncul pada halaman GSC blog mu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan kepada yang lainnya ya. Jika memang ada pertanyaa, silahkan tulis di kolom komentar.

Baca informasi lainnya di Google News Tolikecode.Com

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *