Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Mengenal procedure dan fungsi pada visual basic

Mengenal procedur dan fungsi visual basic

Didalam membuat program menggunakan visual basic, tentunya kita akan sering bertemu dengan procedure dan fungsi. Lalu seperti apa dan bagaimana penggunaannya didalam pembuatan program menggunakan visual basic? Berikut pernjelasannya.

Mengenal Procedure dan Fungsi Pada VB .Net

Prosedure dan fungsi adalah blok kode yang dapat digunakan kembali untuk melakukan tugas tertentu dalam program VB.NET.

Procedure

Berdasarkan sifatnya, prosedur dapat dibagi menjadi dua jenis: prosedur global (publik) dan prosedur lokal (privat). Berikut penjelasannya:

1. Prosedur Global (Publik)

Prosedur global adalah prosedur yang dapat diakses dan dipanggil dari manapun dalam program. Prosedur ini dideklarasikan di luar blok kode atau fungsi, sehingga mudah diakses oleh semua bagian program.

Karakteristik Prosedur Global:

  • Dideklarasikan di luar blok kode atau fungsi.
  • Dapat diakses dan dipanggil dari semua bagian program.
  • Sering digunakan untuk fungsi-fungsi umum yang dibutuhkan di berbagai bagian program.
  • Memudahkan pemeliharaan kode karena kode terpusat dan mudah ditemukan.

2. Prosedur Lokal (Privat)

Prosedur lokal adalah prosedur yang hanya dapat diakses dan dipanggil dari dalam blok kode atau fungsi tempat prosedur tersebut dideklarasikan. Prosedur ini tidak dapat diakses dari luar blok kode atau fungsi tersebut.

Karakteristik Prosedur Lokal:

  • Dideklarasikan di dalam blok kode atau fungsi.
  • Hanya dapat diakses dan dipanggil dari dalam blok kode atau fungsi tempat prosedur tersebut dideklarasikan.
  • Meminimalkan akses global dan meningkatkan enkapsulasi data.
  • Meningkatkan modularitas dan kemudahan dalam pengujian kode.

Contoh procedure global :

Contoh procedure lokal :

Baca juga: Membuat Aplikasi Sederhana Dengan VB .Net

Berdasarkan fungsi, procedure juga di bagi lagi menjadi 2 yaitu General Procedure dan Event Procedur.

General Procedure

General procedure adalah sebuah procedure yang di tulis pada bagian general sebuah form ataupun module dan biasanya akan di panggil melalui procedure event. Pada general procedure ini, kita bisa mendefinisikan sendiri nama dari procedure tersebut.

Cara penulisan general procedure bisa diawali dengan syntax publik, private atau bahkan tanpa kedua. Jika kita menuliskan procedure tanpa syntax publik maupun private, maka secara otomatis procedur yang kita buat akan bersifat global yang artinya dapat di panggil dari bagian manapun dari program.

Contoh general procedure :

atau

Lalu, bagaimana cara kita memanggil sebuah general procedure? Untuk memanggil sebuah general procedure bisa cukup dengan menuliskan nama procedure saja atau bisa menggunakan syntax Call [nama_procedure]

Contoh :

atau

Event Procedure

Event procedure adalah procedure dari setiap event yang dimiliki oleh setiap object. Berbeda dengan General Procedure, pada Event Procedure kita tidak bisa mendefinisikan sendiri nama dari procedure. Tiap-tiap procedure yang dimiliki oleh masing-masing object pun berbeda-beda tergantung dari fungsi dan kegunaan object tersebut.

Contoh event procedur antara lain adalah Form_Load yang berfungsi untuk menjalankan perintah ketika sebuah form pertama kali di tampilkan / load.

Fungsi / Function

Function pada visual basic hampir sama dengan procedure, hanya saja yang membedakan disini adalah function memiliki nilai kembalian (return value). Dalam pemrograman visual basic, kita bisa membuat function sendiri ataupun menggunakan function yang sudah disediakan oleh visual basic.

Secara umum, penulisan function di mulai dari syntax function [nama_function] dan di akhiri dengan End Function. Perhatikan contoh :

Sama seperti procedure, function terbagi menjadi 2 berdasarkan sifatnya yaitu global dan lokal. Dan cara penulisannya tidak jauh berbeda. Untuk function yang sifatnya global harus di awali Public dan untuk yang sifatnya lokal harus di awali dengan Private.

Karena sebuah function memiliki nilai kembalian, maka perlu sebuah variabel yang fungsinya untuk menampung nilai kembalian (return value) tersebut. perhatikan contoh function di bawah ini :

Untuk memanggil sebuah function, cukup panggil nama functionnya saja

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan procedure dan fungsi:

  • Meningkatkan Reusability: Kode yang sama dapat digunakan kembali di berbagai bagian program.
  • Meningkatkan Readability: Program menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami.
  • Meningkatkan Maintainability: Program menjadi lebih mudah dipelihara dan diperbaiki.

Demikian sedikit penjelasan tentang procedure dan fungsi pada visual basic. Dengan menggunakan procedure dan fungsi dengan benar, Anda dapat membuat program VB.NET yang lebih efisien, mudah dibaca, dan mudah dipelihara.

Semoga dengan sedikit tulisan ini, dapat membantu kita untuk lebih mengenal procedure dan fungsi pada visual basic.

Baca Informasi Lainnya Melalui Google News Tolikecode.Com

Tags:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *